Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Bangunan Di Pinggir Pantai Soge Pacitan Roboh, Ini Penyebab nya

Senin, 07 November 2022 | November 07, 2022 WIB Last Updated 2022-11-07T10:15:18Z
Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Kabupaten Pacitan yang berada di garis pantai wilayah selatan memang sangat rentan terhadap abrasi, Pasalnya ombak di pantai selatan cukup besar sehingga dengan mudah menggerus bibit pantai. Seperti yang terjadi di kawasan Pantai Soge Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Pacitan, ada berapa bangunan yang berada di bibir pantai roboh akibat abrasi tersebut.

Menurut keterangan warga sekitar jika sekira pukul 09.30 WIB ada bangunan permanen yaitu Kamar mandi/Toilet umum yang ada di objek wisata Pantai Soge tersebut roboh karena pondasinya tergerus abrasi pantai.

"Ada  dua unit kamar mandi/toilet umum serta satu ruang Rescue wisata dan menara untuk pantauan pengunjung dan gelombang laut yang hancur karena pondasinya tidak kuat menopang akibat tanahnya tergerus ombak laut,"ujar Joko kepada pewarta, Senin (07/11/2022)

Lebih lanjut Ia mengatakan, Memang bamgunan tersebut sebelumnya sudah rusak karena pondasinya tergerus air laut, selain itu ada beberapa bangunan juga yang di sekitar wilayah tersebut mengalami kerusakan.

"Selain di pinggir pantai bangunan yang rusak berada di bibir sungai yang bermuara ke laut, jadi akibat curah hujan yang tinggi sehingga air sungai besar juga terjangan ombak dari laut membuat pondasi bangunan rusak dan berakibat robohnya beberapa bangunan,"tambahnya.


Beruntung dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, hanya bangunan saja yang roboh, warga masyarakat yang berada di pesisir pantai berharap dinas terkait bisa segera mengatasi abrasi tersebut.

Dikawatirkan jika tidak segera di tangani abrasi akan terus menggerus hingga ke Jalan di Jalur Lintas Selatan penghubung ke Kabupaten Trenggalek dan bahkan bisa merusak lapak-lapak pedagang bahkan bisa sampai ke pemukiman warga yang tidak jauh dari bibir pantai itu.

Hingga berita ini di tulis belum ada dinas terkait yang bisa di mintai keterangan terkait kejadian akibat abrasi.(tyo)
×
Berita Terbaru Update