Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Naiknya Angka Kecelakaan Lalu Lintas Di Pacitan Selama Tahun 2022 Didominasi Laka Tunggal

Minggu, 04 Desember 2022 | Desember 04, 2022 WIB Last Updated 2022-12-04T04:46:21Z
Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Angka kecelakaan lalu lintas di Pacitan naik selama Januari hingga November 2022. Satlantas Polres Pacitan menyatakan jika naiknya angka kecelakaan itu merupakan faktor cuaca yang ektrem dalam beberapa bulan terakhir, Walau angka kecelakaan naik namun untuk korban jiwa menurun, hal tersebut dikarenakan yang mendominasi adalah kecelakaan tunggal.

Data Satlantas Polres Pacitan menyebutkan selama periode Januari - November tahun ini ada sebanyak 269 kejadian kecelakaan lalu lintas. Angka itu naik dibandingkan 2021 lalu yang tercatat sebanyak 245 kejadian.

"Menurut data yang ada angka kecelakaan lalu lintas di Polres Pacitan ada kenaikan sekitar 21 persen dari tahun 2021, ini di karenakan banyaknya kecelakaan tunggal yu ang penyebabnya adalah faktor cuaca dan jalan licin,"Ujar Kanit Gakkum Satlantas Polres Pacitan Aiptu Jani Agus Siswanto kepada awak media, Sabtu (03/12/2022).

Jani mengatakan pihaknya telah berupaya memberikan imbauan kepada para pengguna jalan agar terus waspada saat berkendara dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas apa lagi disaat cuaca ektrem. Terutama kepada para pelajar.

"Upaya kami untuk menekan angka laka lantas sudah di lakukan, mulai dari sosialiasi ke sekolah, klub motor, juga memasang banner di daerah rawan kecelakaan. Harapannya agar tak terjadi laka lantas,, namun semua tinggal tergantung para masyarakat apakah bisa mematuhi atau tidaknya semua aturan yang kami terapkan,"ungkapnya.

Selain itu ihaknya juga sering membuat video edukasi untuk masyarakat, terutama menyasar kaum milenial. Upaya itu diharapkan mampu secara efektif menyampaikan pesan kepada para milenial agar lebih berhati-hati saat berkendara.

"Misalnya, ada kendaraan tak sesuai spesifikasi teknis, kalau kena musibah kecelakaan, yang rugi siapa? Anak itu sendiri dan juga orang tua. Pesan seperti itu yang sering kita sampaikan kepada masyarakat, harapannya agar semua pengendara bisa lebih waspada lagi,"kata Aiptu Jani.

Dari sejumlah kasus yang ada beberapa di antaranya merupakan kasus no laka tunggal, Seperti data pada tahun 2021 ada 245 kejadian, korban Meninggal Dunia sebanyak 25 orang, Ko uka Berat 1 orang, lula ringan sebanyak 286 orang.

"Dan untuk tahun 2022 ada peningkatan sekitar 21 % yaitu 296 kejadian, untuk kasus Meningal Dunia ada 33 orang, Luka berat 3 orang sedangkan luka ringan ada 340 orang,"jelasnya.

Diimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara, taati aturan lalu lintas apa lagi saat ini mendekati liburan akhir tahun di harapkan para penguna jalan lebih berhati-hati lagi agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.(tyo)

×
Berita Terbaru Update