Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Ngadu Ke Bupati, Berapa Desa Di Pacitan Minta Normalisasi Selokan

Selasa, 13 Desember 2022 | Desember 13, 2022 WIB Last Updated 2022-12-13T15:35:21Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Berbagai ragam persoalan yang terjadi di masing-masing daerah, begitu juga yang terjadi di wilayah-wilayah kecamatan di Kabupaten Pacitan. Jika sebelumnya Kecamatan  luar banyak mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan, beda halnya dengan kecamatan kota. Di wilayah ini justru persoalan drainase dan banjir kota yang menjadi isu utama.

Kondisi ini diungkapkan para kasun dalam acara pembinaan dan sarasehan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kepada aparatur pemerintah meliputi kades dan kasun se- Kecamatan Pacitan. 

Salah satunya disuarakan Suyono, Kasun Barang Desa Arjowinangun. Menurutnya, wilayah Arjowinangun memiliki persoalan rutin yakni genangan air yang sulit surut saat musim penghujan. Hal ini disebabkan saluran atau parit menuju pembuangan akhir terlalu kecil. Bahkan menurut nya persoalan serupa juga terjadi di desa tetangga yakni Menadi dan Mentoro.

"Mohon kiranya dari dinas terkait untuk ada normalisasi saluran di desa kami,"katanya, Selasa (13/12/2022).

Hal senada disampaikan Andung Wisnu  Kasun Kebonredi Desa Tanjungsari. Di wilayah tersebut saat terjadi banjir kota pasti ikut terdampak. Persoalanya serupa yakni selokan yang ada tidak mampu menampung debit air. Parahnya saluran tersebut tidak bisa dilakukan pembersihan karena tertutup beton.

"Warga tidak bisa kerja bakti untuk normalisasi karena trotoar tertutup, sehingga warga kesulitan untuk gotong royong membersihkan,"ungkap Andung. 

Menyikapi beragam keluhan tersebut, Mas Aji mengaku jika persoalan banjir kota memang menjadi PR sampai saat ini. Dan ini akan selalu menjadi fokus penanganan. Untuk itu Dia minta kepada dinas terkait pengadaan excavator mini untuk normalisasi saluran pembuangan air.

"Insya Allah tahun ini eskavator mini yang kita butuhkan datang. Nanti akan kita launching untuk normalisasi saluran air di Arjowinangun,"kata Mas Aji sapaan akrab Bupati.

Terkait banjir kota Mas Aji minta masyarakat memahami kondisi Pacitan. Normalisasi drainase saja tidak cukup namun ekosistem hulu harus juga diperhatikan. Geografis Pacitan yang bergunung rentan terjadi sedimentasi lumpur jika banjir melanda. Akibatnya, endapan lumpur cepat menyumbat saluran air.(tyo).
×
Berita Terbaru Update