Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Sedekah Pasar,Bupati Pacitan Ikuti Prosesi Kirab 9 Tumpeng Bersama Warga Pasar Minulyo

Sabtu, 29 Juli 2023 | Juli 29, 2023 WIB Last Updated 2023-07-29T05:44:03Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Pelataran Pasar Minulyo di penuhi ratusan warga yang mengikuti prosesi acara Sedekah Pasar. Selain para pedagang dan pembeli, juga masyarakat umun ikut serta dalam acara tahunan tersebut, Acara digelar pada Sabtu (29/07/2023).

Sejak pagi warga sudah membanjiri pasar terbesar di Pacitan itu, mereka mengelilingi 9 gunungan yang terbuat dari berbagai macam sayur mayur, perabot dan kebutuhan dapur, buah buahan hingga ragam jajanan pasar. 

Warga dengan antusias mengikuti segala prosesi acara dan tidak sabar lagi menunggu untuk memperebutkan gunungan tersebut, Tampak Berbaur dengan warga orang nomor satu di lingkup Pemkab Pacitan menambah semarak acara itu.

"Mohon maaf Pak Bupati, tumpeng-tumpeng untuk sedekah pasar sudah habis karena saking antusiasnya warga,"ungkap Ketua Panitia sekaligus Ketua Paguyuban Pasar Minulyo M Anshori kepada Bupati.

Menurut Anshori, Sedekah Pasar dengan menghadirkan 9 tumpeng ini merupakan inisiatif dari warga pasar sebagai wujud syukur. Selain menjadi ajang silaturahmi, acara ini juga menjadi momentum untuk berbagi. Ia berharap kegiatan ini mendapat perhatian pemerintah daerah bahkan bisa menjadi daya tarik wisata. 


Sementara itu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji berharap dengan agenda tahunan Sedekah Pasar ini bisa semakin menambah maju perekonomian para pedagang yang ada di Pasar Minulyo serta makin banyak wisatawan yang berkunjung di sini.

"Semoga para pedagang tang ada di sini semakin bertambah rezekinya serta maju ekonominya, dan yang pasti kedepan bisa makin banyak pengunjung baik lokal maupun luar Pacitan sehingga  menambah daya tarik pariwisata khususnya wisata kuliner yang ada di sini,"harap Bupati. 

Seluruh bahan untuk membuat gunungan atau tumpeng merupakan sumbangan murni dari pedagang Pasar Minulyo. Dalam kesempatan itu pula Bupati Pacitan mengikuti prosesi kirab tumpeng mengitari kompleks Pasar Minulyo. Acara diakhiri dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng.(tyo)
×
Berita Terbaru Update