Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Festival Rontek Pacitan 2023 Dimulai, Ribuan Pengunjung Padati Kota Pacitan

Minggu, 19 November 2023 | November 19, 2023 WIB Last Updated 2023-11-19T01:45:22Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Festival Rontek Pacitan 2023 secara resmi dimulai. Gelaran even akbar tahunan tersebut di mulai dengan ditandai pemukulan kentongan oleh Bupati Pacitan yang didampingi pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Forkopimda serta tamu undangan lain.

Ribuan masyarakat tumpah ruah di sepanjang jalur yang dilalui peserta festival. Pada jari pertama pelaksanaan Festival Rontek Pacitan menampilkan 5 peserta perwakilan dari beberapa kecamatan. 

Penampil pertama adalah Ronthek Ceria Sinar Tanjung Kecamatan Pacitan,  Rontek Laskar Gajah Gumilap Kecamatan Arjosari dan Rontek Guntur Ulung Kecamatan Ngadirojo. Selain itu ada Rontek Laskar Neo Rontektika Macan Ganjur Kecamatan Tulakan serta Rontek Ndoro Bei Kecamatan Nawangan.


Dalam sambutannya Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan bahwa seni rontek adalah budaya asli Pacitan yang harus dilestarikan. Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat Pacitan terus mendukung, melestarikan budaya tersebut sebagai sarana promosi sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Dengan Festival Rontek ini mari kita bersama-sama tingkatkan derajat rontek agar tetap diakui secara nasional dan internasional,"ujar Bupati pada Sabtu (18/11/2023) malam.

"Selain itu dengan digelarnya even seperti ini bosa menumbuhkan perekonomian warga masyarakat serta sektor ekonomi lain nya, sehingga kita berharap Masyarakat bisa Sejahtera dan Bahagia,"imbuhnya.


Sedangkan Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kurleni Ukar, mengatakan Festival Rontek Pacitan mulai tahun ini telah masuk dalam kalender Kharisma Event Nasional (KEN).

Ia berharap event yang mendapat antusias tinggi dari masyarakat tersebut bisa mendorong kemajuan seni budaya, pariwisata dan perekonomian masyarakat Pacitan.

"Saya berharap Festival Rontek Pacitan ini dapat membangkitkan semangat merawat dan mengembangkan warisan budaya dan nilai tradisi semangat gotong royong dan kebersamaan,"ungkapnya.

Gelaran Festival Rontek Pacitan 2023 berlangsung dua hari yaitu Sabtu dan Minggu (18-19/11) . Sebanyak 12 peserta perwakilan kecamatan se Kabupaten Pacitan bakal menyajikan perpaduan musik ronthek dan tarian indah dari seniman-seniman lokal Pacitan.(tyo)
×
Berita Terbaru Update