Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Berbagai Inovasi Diterapkan Oleh Polsek KPL Saat Giat Embarkasi dan Debarkasi

Kamis, 13 Juni 2024 | Juni 13, 2024 WIB Last Updated 2024-06-13T00:53:59Z

Kabar-Indonesia.com | Jayapura Kota,- Kegiatan embarkasi dan debarkasi KM Ciremai di Pelabuhan Laut Jayapura hari ini berjalan dengan lancar dan aman berkat berbagai inovasi dan upaya yang dilakukan oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL)Jayapura.

Kapolsek KPL Jayapura AKP Rischard H. L. Rumboy, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengimplementasikan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan ketertiban dan keamanan di pelabuhan.

Salah satu inovasi yang diterapkan adalah pemasangan pagar pembatas di area embarkasi dan debarkasi.

"Pagar pembatas ini bertujuan untuk mengatur alur masuk penumpang sehingga lebih tertib dan aman. Dengan adanya pagar pembatas, penumpang dapat diarahkan dengan baik sehingga mengurangi potensi kericuhan," ucap AKP Rischard saat diwawancarai ditengah padatnya penumpang yang turun dari KM. Cireamai, Rabu (12/6).

Selain itu, Polsek KPL juga memaksimalkan penempatan personel di titik-titik yang dianggap rawan terhadap tindak kejahatan. Penempatan personel di area tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi para penumpang serta mencegah tindak kejahatan, terutama pencopetan.

"Dengan jumlah yang terbatas kami menempatkan personel kami dibeberapa titik strategis yang kami identifikasi sebagai area rawan. Dengan kehadiran petugas, kami berharap bisa menekan angka kejahatan di pelabuhan," tambahnya.

AKP Rischard juga mengimbau kepada para penumpang agar selalu waspada dan menjaga keselamatan diri, keluarga, serta barang bawaan mereka. Himbauan ini disampaikan secara rutin oleh petugas kepada para penumpang yang hendak naik atau turun dari kapal.

"Kami selalu mengingatkan penumpang untuk waspada dan menjaga barang-barang mereka. Keselamatan penumpang adalah prioritas utama kami," kata AKP Rischard.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan bongkar muat barang, Polsek KPL juga telah membuat jalur khusus bagi penumpang dan barang. Jalur ini dibuat agar proses naik turun penumpang serta bongkar muat barang dapat berjalan lebih efektif dan efisien tanpa mengganggu satu sama lain. 

"Pemisahan jalur ini sangat membantu dalam mengatur arus pergerakan di pelabuhan sehingga semuanya bisa berjalan dengan tertib dan lancar," jelasnya.

Dengan langkah-langkah ini, Polsek KPL berharap dapat terus menjaga ketertiban dan keamanan di pelabuhan sehingga para penumpang KM Ciremai dapat merasa nyaman dan aman selama berada di area pelabuhan.(*)

Penulis : Sesa
×
Berita Terbaru Update