Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Guna Percepatan Penurunan Stunting,Dinas Kesehatan Pacitan Gelar Penimbangan balita dan Bumil 100% Bulan Juni 2024

Kamis, 06 Juni 2024 | Juni 06, 2024 WIB Last Updated 2024-06-06T03:23:42Z
Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Untuk menekan angka stunting di Kabupaten Pacitan, Dinas Kesehatan gelar Kegiatan penimbangan, Kegiatan ini merupakan kegiatan penting yang kini menjadi sorotan publik dalam rangka penurunan angka stunting yang sampai saat ini masih menjadi topik permasalahan. 

Dalam melaksanakan intervensi serentak 100% ini, tentunya Dinas kesehatan tidak bisa berjalan sendiri, akan tetapi harus melibatkan banyak pihak terutama dari pemerintah desa dan kecamatan untuk melakukan penggerakan sasaran ke Posyandu.

"Kegiatan ini dilaksanakan di 845 Posyandu yang tersebar di 172 Kelurahan/desa pada 12 Kecamatan. Oleh karena itu peran serta aktif masyarakat sangat diperlukan untuk kesuksesan acara ini,"ujar Kadis Kesehatan Pacitan dr.Daru Mustikoaji kepada awak media.

Adapun hasil dari kegiatan ini adalah pemerintah bisa mendapatkan data akurat terkait  balita dan bumil yang mengalami masalah gizi yang dikhawatirkan akan jatuh menjadi stunting. Dari data yang akurat ini nantinya diharapkan pemerintah dapat memberikan intervensi yang tepat dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pacitan.

"Dinas kesehatan kab.Pacitan meyakini bahwa melalui langkah-langkah konkret dengan penimbangan 100 % di Posyandu, dapat tercipta generasi yang tumbuh dan berkembang dengan optimal. Inisiatif ini bukan hanya sebagai respons terhadap masalah stunting, tetapi juga sebagai investasi jangka panjang dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi anak-anak penerus bangsa"tandasnya.


Di Kabupaten Pacitan pada bulan juni 2024 ini pelaksanaan  kegiatan Penimbangan balita di posyandu. adapun kegiatan-kegiatan di dalamnya meliputi : Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan , Pengukuran Lingkar Kepala, dan Pengukuran Lingkar Lengan di selenggarakan dengan target balita dan bum diukur sebesar 100 %. Hal ini bertujuan agar tubuh kembang balita selalu dapat terpantau dengan baik, sehingga bias dilakukan penanganan sedini mungkin apabila ada masalah. Penimbangan ini merupakan Langkah awal untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan anak. 

Dengan datang ke Posyandu, bumil, bayi dan balita selain mendapatkan pelayanan timbang berat badan, Ukur panjang/tinggi badan, Ukur lingkar lengan atas, ukur lingkar kepala, konseling gizi serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan.(tyo)
×
Berita Terbaru Update