Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Saksikan Konser Musik Spektakuler Bertajuk "Selendang Biru Tak Pernah Usai" Di Museum Galery SBY-ANI

Rabu, 19 Juni 2024 | Juni 19, 2024 WIB Last Updated 2024-06-20T02:30:16Z



Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Pagelaran musik spektakuler akan hadir di Kota Berjuluk Paradise Of Java, Konser yang memadukan Gamelan dan orkestra dengan komposer Gondrong Gunarto akan memukau para penonton yang hadir di Museum galery SBY - Ani, acara dengan tajuk “Selendang Biru Tak Pernah Usai”di laksanakan pada Kamis(20/6/2024) besuk malam.

Pada konser ini, Gondrong Gunarto mengajak sejumlah artis muda untuk melakukan penghormatan terhadap Ki Nartosabdho. Artis muda yang hadir pada konser ini adalah Kunto Aji, Fanny Soegi, dan Imoeng Mulyadi dari Tresnawara Chamber Orcesthra dengan membawakan Sepuluh lagu karya terbaik Ki Nartosabdho yang ditampilkan antara lain.

Selendang Biru Tak Pernah Usai’ adalah Lesung Jumengglung, Mawar Kuning, Ibu Pertiwi, Iki Saputanganmu, Adja Dipleroki, Slèndang Biru, Santi Mulya, Sarung Jagung, Adja Lamis, dan Dara Muluk.

Selendang Biru Tak Pernah Usai adalah gambaran perjalanan musikal Gondrong Gunarto atas pembacaannya pada karya-karya musik seniman legendaris Ki Nartosabdo. 

Ki Nartosabdo adalah sosok pembaharu dunia pakeliran (wayang kulit) dan karawitan (gamelan).  Menjadikan gamelan dan wayang kulit lebih dikenal masyarakat luas. Komponis ulung yang menemukan dan mengudar cara, gaya, pendekatan, dan perspektif baru dalam penciptaan musik gamelan.

“Menghormati gamelan bisa dengan cara apapun. Bisa dengan menguri-uri atau memainkan gendhing-gendhingnya. Saya mencoba membawa gamelan dengan garapan baru ke wilayah (aliran musik) yang lain. Ini bentuk penghormatan saya terhadap gamelan,”kata Gondrong saat konferensi pers di Gedung Karya Dharma Pacitan,Rabu (19/06/2024). 

Ia menambahkan, memadukan berbagai elemen musik tradisional dan kontemporer. Menciptakan sebuah harmoni yang indah dan mendalam. Membaca ulang gending-gending Ki Nartosabdo adalah membaca kompleks kehidupan seni yang memikat dan menantang pada tubuh musikal Ki Nartosabdo.

“ Dengan mengaransemen ulang gending-gending Ki Nartosabdo dengan cara, gaya, dan pendekatan musikal dalam wajah musik sekarang. Berkolaborasi dengan Tresnawara Chamber Orkestra dengan Conductor, Imoeng Mulyadi dari Yogyakarta,”jelasnya.

Konser Slendhang Biru Tak Pernah Usai yang digelar di Musium Galeri SBY-ANI bakal meriah,mari warga pacitan saksikan konser spektakuler tersebut.(tyo)

×
Berita Terbaru Update