Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Gaung Festival Ronthek Pacitan 2024 Hingga Ke Manca Negara Dan Menarik Para Wisatawan

Rabu, 17 Juli 2024 | Juli 17, 2024 WIB Last Updated 2024-07-17T02:03:18Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Gegap gempita Gelaran Festival Ronthek Pacitan 2024 semakin mempesona. Pada malam ke dua ada Enam penampil dari perwakilan kecamatan dan pelajar yang unjuk kebolehan menghibur masyarakat yang datang memadati sepanjang jalan Jaksa Agung Komplek Kantor Bupati Pacitan.

Festival Ronthek yang masuk kalender di Karisma Event Nusantara (KEN) 2024,Vl Pesona kesenian budaya asli Pacitan tersebut nampaknya mulai menyedot perhatian masyarakat luas bahkan hingga manca negara. 

Salah satunya adalah wisatawan asal Dave dari Amerika Serikat. Pria asal negara bagian Oregon tersebut  terlihat sangat menikmati sajian demi sajian seni rontek dari tribun undangan. 

Bahkan, ketika diminta testimoni dari pembawa acara Ia mengaku antusias dengan gelaran Festival Ronthek Pacitan. Dirinya sengaja datang ke Pacitan unyuk menyaksikan seni perkusi bambu tersebut dari dekat.

"Ini sangat luar biasa dan saya menikmati sekali dan akan saya ceritakan nanti kepada kawan-kawan di AS,"ucap Dive melalui penerjemah.

Festival Ronthek Pacitan merupakan event tahunan yang terus berbenah ke arah lebih baik. Terbukti dalam 2 tahun terakhir Festival Ronthek masuk dalam daftar KEN. 

Melalui Festival diharapkan akan menumbuhkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta semakin mengenalkan seni ronthek ke tingkat nasional bahkan internasional. 

Festival Ronthek Pacitan 2024 hari kedua dibuka dengan penampilan atraktif seni calung kontemporer dari Banyumas. 6 grup ronthek yang unjuk kebolehan pada hari kedua adalah ronthek MKKS SMKN Pacitan, ronthek Selendang Sutra Ungu dari SMP se- eks Kawedanan Lorok, ronthek Tengoro Bumi Kecamatan Ngadirojo, ronthek Laskar Tawangalun Kecamatan Donorojo, ronthek Gundala Sasra Kecamatan Kebonagung dan terakhir seni ronthek Serdadu Tirto Sembada dari Kecamatan Arjosari.(tyo)
×
Berita Terbaru Update