Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Pagelaran Festival Ronthek Pacitan 2024 Usai, 20 Group Ronthek Pukau Penonton

Kamis, 18 Juli 2024 | Juli 18, 2024 WIB Last Updated 2024-07-18T00:55:50Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Pagelaran akbar Festival Ronthek Pacitan 2024 telah usai, tujuh peserta di hari terakhir menutup seluruh rangkain acara yang digelar selama 3 malam tersebut. Para peserta uang merupakan wakil dari kecamatan dan pelajar berhasil memukau penonton. 

Masing-masing peserta mempersembahkan penampilan terbaiknya melalui tata gerak, musik ronthek dan tarian. Tidak ketinggalan berbagai bentuk properti pendukung menambah megah panggung festival.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama keluarga tampak kembali hadir menyaksikan Festival yang menjadi agenda tahunan tersebut. Hadir pula wakil bupati, asisten sekda, pimpinan perangkat daerah serta sejumlah tamu undangan lain.

Festival Ronthek Pacitan 2024 di hari terakhir tetap dipadati ribuan pengunjung. Ribuan masyarakat Pacitan dan luar Pacitan memadati area display dan sepanjang jalur yang dilalui peserta ronthek. 

Seperti Sepasang wisatawan asal Solo yang rela jauh-jauh datang ke Pacitan untuk melihat pagelaran budaya asli Kota berjuluk Paradise Of Java tersebut, Ia sangat terkesan dengan festival itu, Apa lagi kesenian daerah tersebut menampilkan peserta mulai dari tingkat sekolah. 

"Pagelaran ini sangat memukau dan baik dan ini perlu di tingkatkan untuk kreasi para peserta agar lebih menarik lagi dan bisa membuat wisatawan lebih banyak lagi hadir Di Pacitan,"ujar Sri Wahyuni kepada awak media. 

Selama 3 malam ada 20 grup ronthek baik wakil dari kecamatan maupun pelajar telah mempersembahkan yang terbaik. Tujuh penampil terakhir adalah ronthek dari MAN Pacitan yang mengusung tema kelestarian lingkungan, ronthek Gabana SMP se-Eks Kawedanan Tegalombo dengan tema  jamu jawa dan  grup ronthek Kletek Jaladara dari SMAN 1 Ngadirojo.

Sedangkan grup ronthek Ampel Gading Kecamatan Nawangan yang mengambil tema kisah perjuangan gerilya Jenderal Soedirman, grup Rontekantropus Kecamatan Punung dengan tema prasejarah, 

Untuk group ronthek Rontchestra Suroloyo Kecamatan Tegalombo dan ditutup ronthek Laskar Eyang Putri  dari Kecamatan Bandar dengan tema babat wengker kidul. 

Usai gelaran festival Bupati Pacitan berkesempatan menyapa masyarakat. Orang nomor satu di Pacitan itu juga menyambangi pelaku UMKM di Pasar Krempyeng. 

Melalui Festival Ronthek 2024 ini diharapkan selain menjadi promosi pariwisata juga bisa menumbuhkan ekonomi kreatif. Salah satunya melalui UMKM.(tyo)
×
Berita Terbaru Update