Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Semarak Festival Ronthek Pacitan 2024 Pukau Ribuan Masyarakat

Selasa, 16 Juli 2024 | Juli 16, 2024 WIB Last Updated 2024-07-16T01:38:48Z

Kabar-Insonesia.com | Pacitan - Agenda tahunan Pemkab Pacitan melalui Disparpora mengelar Festival Ronthek 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 15 - 17 Juli 2024 bertempat di Depan Kantor Bupati setempat.

Acara dibuka dengan penampilan Etno Ensemble ISI Surakarta, Dibuka secara resmi oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, event tahunan yang  masuk dalam 110 daftar Karisma Event Nusantara (KEN) tersebut berlangsung gegap gempita. Ribuan masyarakat tumpah ruah untuk menyaksikan seni tradisi asli Pacitan itu.

Di malam pertama ada 7 penampil dari 20 grup ronthek yang akan berpartisipasi di event yang berlangsung 3 malam tersebut, tampil yang memukau penonton dan tamu undangan. Baik dari Kemenparekraf, Kemendikbud, Dinas Kebudayaan Jatim serta tamu lain dari kabupaten tetangga. 


"Alhamdulilah kita bisa membuktikan ronthek ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan. Mari kita angkat derajat ronthek ini baik ditingkat nasional maupun internasional,"ungkap Bupati dalam sambutan pembuka, Senin (15/07/2024) malam.

Mas Aji sapaan akrab Bupati Pacitan sangat mengapresiasi Gelaran Festival Ronthek 2024 Pacitan yang mampu bertahan dalam Kalender Event Nusantara selama 2 tahun berturut-turut, Ini membuktikan jika seni perkusi bambu ini bisa diterima khalayak dengan baik. 

Sementara itu Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur 
Agustin Paranginangin mewakili Menteri Parekraf mengatakan, Festival Ronthek Pacitan dua tahun masuk kalender KEN  tidak lepas dari keunikan konsep, inovasi serta peningkatan kualitas pelaksanaan. 

Ini bukti bahwa seni ronthek bukan sekedar atraksi kebudayaan namun juga contoh nyata sebuah kolaborasi kegiatan kebudayaan lokal, ekonomi kreatif yang menggerakkan seluruh stakeholder. 

"Kegiatan ini kami harapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pacitan melalui bertumbuhnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur Agustin
Paranginangin menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Pacitan atas terpilihnya ronthek Pacitan masuk dalam daftar 110 Kalender Event Nusantara dari Kemenparekraf RI.(tyo)
×
Berita Terbaru Update