Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Kapolresta "Operasi Mantap Praja Cartenz Akan Menjaga Seluruh Tahapan Proses Pemilukada 2024"

Jumat, 30 Agustus 2024 | Agustus 30, 2024 WIB Last Updated 2024-08-29T21:04:52Z

Kabar-Indinesia.com | Jayapura Kota,- Terkait penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah  tahun 2024, Polresta Jayapura Kota bersinergi bersama TNI melalui pelaksanaan operasi kewilayahan yang bersandi Operasi Mantap Praja Cartenz II. 

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si saat di konfirmasi ketika bersama Dandim 1701 Jayapura Kolonel Inf. Hendry Widodo dan P.j Walikota Jayapura Christian Sohilait, S.T., M.Si saat memonitor  jalannya prosesi pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Jayapura bertempat di Kantor KPU Kota Jayapura di Jalan Baru Distrik Abepura, Kamis (29/8) siang. 

Kapolresta KBP Victor Mackbon mengatakan, semenjak adanya Operasi Mantap Praja yang digelar di jajaran Kepolisian, bersama TNI pihaknya akan menjaga keamanan dan ketertiban proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kota Jayapura. 

"Untuk objek yang diamankan tentunya Kantor KPU dan setelah prosesi pendaftaran di hari terakhir yakni hari ini tentunya setiap bakal calon yang mendapatkan nomor peserta juga akan menjadi objek pengamanan kami. Untuk tahapan hari ini kami lakukan pengawalan dan pengamanan di Kantor KPU," ungkap KBP Victor Mackbon. 

Lebih lanjut kata Kapolresta, pihaknya tentu akan memonitor perkembangan situasi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sehingga dapat menghambat atau menjadi halangan dan kendala proses tahapan pemilukada yang sudah mulai berjalan. 

"Kami juga sudah mengatur atau membuat rekayasa arus lalulintas agar masing-masing massa pendukung saat mengantarkan bakal calonnya tidak berpapasan guna menghindari terjadinya benturan. Untuk jumlah personel yang mengamankan pelaksanaan tahapan pendaftaran hari ini kami libatkan sebanyak 150 personel," ujar Kapolresta. 

Sementara itu ditempat yang sama P.j Walikota Jayapura Cristian Sohilait menuturkan, hari ini pihaknya bersama Pak Kapolresta dan Pak Dandim melakukan monitoring pelaksanaan pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua dan pendafataran Calon Walikota dan Wakil Walikota Jayapura di masing-masing Kantor KPU. 

"Di Kota Jayapura ada 4 Pasangan bakal calon yang mendaftar sebagai kontestan Walikota dan Wakil Walikota Jayapura, sejauh ini situasi yang terlihat berjalan aman dan lancar, sebagaimana yang telah diseting oleh Pak Kapolresta," kata P.j Walikota Jayapura. 

Ia juga menegaskan, pihaknya bersama Polri dan TNI menjaga 3 hal dalam tahapan proses pendaftaran hari ini yaitu tidak ada kecelakaan lalulintas, yang kedua tidak boleh ada yang memanfaatkan situasi Kamtibmas dengan melakukan tindakan pidana seperti pencurian dan yang ketiga pihaknya dengan tegas mengatakan bahwa proses pendaftaran bakal calon kepala daerah di wilayahnya harus dapat berjalan aman, lancar dan tertib. 

"Banyak masalah yang berpotensi bisa terjadi, hari ini merupakan momen awal pelaksanaan pesta demokrasi yang akan berlangsung di Kota Jayapura, jadi mari warga Kota Jayapura kita bersama menjaga situasi Kamtibmas bisa terus berjalan aman dan kondusif," pungkas P.j Walikota Jayapura Cristian Sohilait.(*) 

Penulis : Subhan
×
Berita Terbaru Update