Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Cegah PTM,Dinas Kesehatan Pacitan Gelar Launching Posbindu Institusi

Kamis, 05 September 2024 | September 05, 2024 WIB Last Updated 2024-09-05T09:52:53Z


Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Dalam upaya untuk pencegahan penyakit tidak menular (PTM) perlu dilaksanakan upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan preventif seperti Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM).


Dalam hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mengelar Launching  Posbindu Institusi , Karena PTM dapat dilaksanakan oleh seluruh masyarakat diantaranya masyarakat di Lingkungan OPD, Kecamatan dan Puskesmas - Puskesmas yang ada di Kabupaten Pacitan.


"Jadi tujuan utama kegiatan Launching Posbindu Institusi untuk meningkatkan peran serta Pihak Kecamatan dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM khususnya di Wilayah Kecamatan Punung,"ujar Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Pacitan Drg Nur Farida dalam sambutannya, Kamis (05/09/2024).


Sementara itu Camat Punung Pudji Hariyanto mengatakan dengan di gelarnya Launching Posbindu Institusi di kecamatan Punung sebagai upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) sejak dini, sehingga peran serta masyarakat juga dibutuhkan dalam hal tersebut.


"Jadi bukan hanya pemerintah daerah dan Puskesmas saja yang berperan aktif, namun masyarakat juga turut andil untuk cegah diri Penyakit Tidak Menular (PTM) di lingkungan masing-masing,terimakasih kepada Dinas Kesehatan yang telah mengelar Launching Posbindu Institusi di Kecamatan Punung,"ungkapnya.


Selain Launching Posbindu Institusi juga digelar Sosialisasi Aplikasi Detak - C sebagai upaya untuk mengenali faktor risiko serangan jantung sejak dini. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengenali gejala penyakit jantung dan bisa segera laporkan gejala, 


"Nantinya Pihak Rumah Sakit melalui Poli Jantung serta masyarakat bisa memantau data kesehatan serta pengingat minum obat dan jadwal kontrol dokter dengan mengunakan Aplikasi Detak C,"jelas dr. Ike Dyah Ayu Pambayun, Sp. JP. Dokter Spesialis Jantung RSUD dr Darsono Pacitan.


Launching Posbindu Institusi dilakukan secara simbolik oleh Plt Sekretaris Dinas Kesehatan bersama Camat Punung dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan.(tyo)

×
Berita Terbaru Update